Terungkap! Ini Asal Mula Joko Widodo Dipanggil ‘Jokowi’

Terungkap! Ini Asal Mula Joko Widodo Dipanggil ‘Jokowi’

JakartaJokowi bukanlah nama panggilan Presiden Joko Widodo sejak kecil. Ternyata, warga negara Prancis, Bernard Chene-lah yang pertama kali memanggil Presiden Joko Widodo dengan sapaan Jokowi. Bagaimana sejarahnya?

Secuil sejarah panggilan Jokowi diceritakan Bernard dalam sebuah video yang diunggah dikanal YouTube Presiden Joko Widodo pada Jumat (8/11/2019) dengan judul ‘Panggil Jokowi Saja’. Dalam video yang diunggah, Bernard menilai Joko Widodo terlalu panjang untuk dijadikan nama panggilan.

“Di Prancis kami terbiasa punya nama panggilan singkat. Dan nama Joko Widodo terlalu panjang buat saya. Kemudian saya tanya ke beliau, ‘kalau tidak keberatan, boleh saya panggil Jokowi saja?’ Dan begitulah awal ceritanya,” kata Bernard di awal video.

Bernard sendiri merupakan rekan bisnis sewaktu Jokowi menggeluti usaha mebel. Dia pertama kali bertemu Jokowi pada 1999, dan merasa terkesan dengan pertemuan tersebut.

“Tentu. Waktu itu ketika saya berada di Solo, sekitar pertengahan tahun 1999,” ungkapnya saat ditanya pertemuan pertama dengan Jokowi.

“Saat itu saya sangat terkesan dengan kedewasaannya. Dari matanya terlihat kalau ia sangat pintar dan penuh gairah hidup,” imbuh Bernard.

Bernard sebetulnya kenal lebih dulu dengan paman Jokowi. Saat pertama kali dikenalkan, dia mengaku langsung mempercayai bahwa Jokowi bisa menjadi rekan bisnis yang baik.

“Saya saat itu memang sering berbisnis furnitur, dengan paman beliau (Jokowi-red) di Surakarta. Suatu hari, sang paman memperkenalkan beliau ke saya. Beliau saat itu lulusan kehutanan. Dan saya bertanya apakah dia bisa memproduksi furnitur. Dan dengan menatap dia menjawab, ‘ya! Kenapa tidak?’ Dia memperlihatkan sejumlah model furnitur dan diberikan ke saya. Dari situ saya langsung merasa bisa mempercayainya. Dan kami mulai berbisnis bersama,” cerita Bernard.

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *