Selamat Datang Era Kamera 64MP

Selamat Datang Era Kamera 64MP

Jakarta, Selular.ID – Sektor fotografi masih menjadi bahan jualan bagi vendor smartphone dengan berlomba-lomba menghadirkan teknologi terkini dan kapasitas kamera dengan resolusi terbesar.

Jika sebelumnya vendor smartphone berbondong-bondong menghadirkan smartphone dengan kamera berkemampuan 48MP, kini kapasitas kamera dengan resolusi sebesar 64MP pun segera dihadirkan vendor ponsel ke Tanah Air.

Xiaomi menjadi brand pertama yang menghadirkan smartphone dengan kamera berkemampuan super resolution berkekuatan 64MP.

Perangkat yang diberilabel Redmi Note 8 Pro milik Xiaomi ini mengusung teknologi 64MP Quad Camera dan akan dirilis pada tanggal 17 Oktober 2019.

Hasil foto dari kamera berkekuatan 64MP ini pun diklaim mampu dicetak berukuran 2×3 Meter dengan kualitas gambar tanpa pecah.

Ponsel ini memiliki empat kamera belakang. Sensor utama 64MP menggunakan filter quad bayer untuk mengambil foto 16MP dengan ukuran piksel setara 1,6μm. Ada juga penembak sudut ultra-lebar 8MP dengan bidang pandang 120 derajat, kamera makro 2MP dan sensor kedalaman 2MP untuk membantu menciptakan blur untuk pemotretan mode potrait. Di bagian depan ada kamera selfie 20MP.

Telah dirilis di Cina dan Eropa, Redmi Note 8 Pro hadir dengan layar sentuh LCD FHD+ 6,53 inci berhias poni “Dot Drop” dengan rasio layar-ke-tubuh 91,4%, sensor sidik jari belakang, Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, serta sertifikasi IP52 untuk tahan percikan air, terlindungi saat hujan dan keringat.

Ponsel didukung chipset MediaTek G90T, dengan CPU octa-core clock hingga 2.05GHz dan GPU ARM Mali-G76 dengan frekuensi maksimal 800MHz.

Menyusul Xiaomi, hanya berselang sepekan Realme juga akan menghadirkan smartphone dengan kamera berkekuatan 64MP.

Seperti tagline 64MP miliknya, Realme XT menggunakan konfigurasi quad-camera yang membawa sensor 64MP Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8 dan EIS.

Ponsel memiliki mode Ultra 64MP dalam pengaturan kamera yang akan memungkinkan pengguna mengambil foto dengan resolusi penuh.

Tersemat pula kamera lainnya, yaitu kamera ultra-wide 8MP, kamera ultra-macro 2MP dan kamera depth-sensor 2MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Harga terjangkau

Meski mengusung kamera degan kekuatan super resolution sebesar 64MP, kedua brand smartphone tersebut menawarkan ponselnya dengan harga yang terjangkau.

Dua vendor smartphone ini memang memiliki positioning yang sama yaitu smartphone dengan kualitas tinggi tetapi ditawarkan dengan harga terjangkau.

Di Eropa saja, harga eceran yang direkomendasikan untuk Redmi Note 8 Pro adalah €249 untuk versi RAM 6GB dan penyimpanan 64GB atau setara Rp3,9 juta dengan nilai konversi saat ini.

Sedangkan Redmi Note 8 Pro versi dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB dikenakam biaya €269 atau sekitar Rp4,2 juta.

Sementara itu, Realme dalam keterangan resminya juga menyampaikan bahwa smartphone 64MP-nya akan dijual seharga Rp3 Jutaan.

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *