Pemerintah Bakal Setujui Revisi UU KPK Sebagian, Ini Gambaran Perombakannya

Pemerintah Bakal Setujui Revisi UU KPK Sebagian, Ini Gambaran Perombakannya

Jakarta – Wacana DPR merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK menuai polemik di masyarakat. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan pemerintah setuju terhadap revisi UU KPK, namun tidak sepenuhnya seperti poin-poin yang diajukan DPR. JK mengungkap gambaran revisi itu.

“Jangan lupa itu draf. Sekarang pemerintah membikin intinya. Pemerintah hanya menyetujui beberapa hal, tidak semua disetujui,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019) kemarin.

JK mengatakan, KPK, berdasarkan UU tahun 2002, artinya sudah 17 tahun. Dalam kerangka 17 tahun itu, menurutnya, banyak perubahan-perubahan, banyak hasil yang telah dicapai oleh KPK dalam hal pemberantasan korupsi dan pemerintah mengapresiasi itu. Namun, dalam jangka waktu tersebut juga, pemerintah memandang perlu ada evaluasi terhadap KPK.


JK menegaskan pemerintah tidak menyetujui semua hal yang tertuang dalam draf revisi UU KPK. Menurut JK, ada hal-hal yang tidak penting dalam draf tersebut.

Lalu, apa saja yang disetujui pemerintah dan yang ditolak terkait revisi UU 30/2002 itu? Begini gambaran dari JK:

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *