Cabut RUU Ekstradisi, Pemimpin Hong Kong Punya Pesan Ini untuk Demonstran

Cabut RUU Ekstradisi, Pemimpin Hong Kong Punya Pesan Ini untuk Demonstran

Hong Kong – Pemimpin Hong Kong Carrie Lam akhirnya mengumumkan pencabutan secara permanen RUU ekstradisi yang telah menjadi pemicu aksi demo besar-besaran di kota tersebut. Dalam pesannya, Lam mengatakan bahwa RUU kontroversial itu akan dicabut begitu masa reses parlemen berakhir pada Oktober mendatang.

“Pemerintah akan secara resmi mencabut RUU tersebut untuk sepenuhnya menghilangkan kekhawatiran publik,” kata Lam dalam statemen video yang dirilis via kantornya seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (4/9/2019).

Aksi protes besar-besaran di Hong Kong yang dimulai sejak pertengahan Juni lalu, awalnya memprotes pembahasan RUU ekstradisi yang mengizinkan ekstradisi tersangka ke China daratan yang pengadilannya dikendalikan oleh Partai Komunis. Namun kemudian, aksi protes massal itu meluas menjadi tuntutan untuk reformasi demokrasi.


Pencabutan RUU ekstradisi secara resmi dan permanen merupakan salah satu tuntutan demonstran Hong Kong selama ini. Beberapa waktu lalu, Lam menyatakan bahwa RUU ekstradisi ‘sudah mati’ namun dia tidak secara tegas menyatakan RUU itu sudah dicabut.

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *